Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN SAGA II
Kelas : 4, 5 dan 6
Hari/Tanggal : Sabtu, 15 November 2014
Alokasi waktu :
14.00 WIB - 16.15 WIB
A. Materi
1.
Perkenalan
2.
Tepuk-tepuk
(pompa, jas-jus, salut)
a. Pompa (untuk memberikan hiburan)
b. Salut (untuk memberikan apresiasi serta memotivasi
agar siswa berani untuk tampil kedepan)
c. Jas-jus (untuk memberikan hiburan)
3.
Games
(sedotan dan air)
a.
Untuk
melatih kekompakan dan kerjasama
4.
Nyanyian
Himne Pramuka
a.
Memperkenalkan
himne pramuka kepada siswa
B. Tujuan
1. Dengan
memperkenalkan diri, diharapkan terjalin keakraban antara siswa dan kakak-kakak
UNTIRTA.
2.
Dengan
tepuk-tepuk, siswa mampu bersemangat dalam mengikuti kegiatan pramuka.
3.
Dengan
games, diharapkan anak-anak mampu melatih kerjasama dan kekompakan bersama regu.
4.
Dengan
bernyanyi himne pramuka siswa mampu mengahapal lagu-lagu pramuka.
C.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Pembukaan
dari pembina pramuka di SD NEGERI SAGA II serta membaca doa bersama-sama
2.
Perkenalan
diri kakak-kakak
3.
Mengajak siswa-siswi bernyanyi bersama untuk pendekatan
lebih dalam dengan kakak-kakak dari UNTIRTA
4.
Mengajak siswa-siswi untuk tepuk-tepuk sekaligus mengajarkan
tepuk-tepuknya
5.
Mengajak
siswa untuk membentuk kelompok untuk bermain permainan
|
30 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa regu/kelompok
2.
Kakak-kakak UNTIRTA menyiapkan alat untuk permainan
3.
Kakak-kakak UNTIRTA menjelaskan aturan permainan
4.
Siswa bersiap untuk memulai permainan
5.
Kakak-kakak UNTIRTA bertugas sebagai juri
6.
Siswa melakukan permainan sedotan
7.
Kakak-kakak UNTIRTA menentukan pemenang permainan sedotan
8.
Siswa bersiap melakukan permainan selanjutnya yaitu lomba mamasukan air
ke dalam botol dengan aqua
9.
Siswa berbaris sesuai kelompok
10.
Siswa melakukan permainan
11.
Kakak-kakak UNTIRTA menentukan pemenang
12.
Kakak-kakak UNTIRTA mengumumkan pemenang
13.
Kakak-kakak UNTIRTA memberikan hadiah kepada kelompok yang menang
14.
Kakak-kakak UNTIRTA menyuruh siswa untuk membuat lingkaran besar
15.
Kakak-kakak UNTIRTA menjelaskan manfaat permainan tadi
|
90 menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Kakak-kakak UNTIRTA meminta siswa untuk berbaris yang rapi
2.
Kakak-kakak UNTIRTA meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3.
Kakak-kakak UNTIRTA memberikan pesan-pesan.
|
15 menit
|
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku panduan pramuka
2.
SKU
3.
Sedotan
4.
Air
5.
Aqua gelas
6.
Alat tulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN SAGA II
Kelas : 4, 5 dan 6
Hari/Tanggal : Sabtu, 22 November 2014
Alokasi waktu : 14.00 WIB - 16.15 WIB
A. Materi
1.
Semapur
Semapur adalah salah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan
menggunakan dua bendera dimana masing-masing bendera tersebut berukuran 45cm x
45 cm sedangkan warna yang sering dipergunakan adalah merah dan kuning dengan
warna merah selalu berada dekat tangkainya.
2.
Senam
pramuka
3.
Arti
lambang tunas kelapa (lambang pramuka)
a. Tunas kelapa bisa tumbuh dimana saja
b. Semua bagian dari pohon kelapa bisa digunakan
c. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, ini
mengandung arti pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus
bangsa)
d. Buah nyiur tahan lama ini mengandung arti, pramuka
adalah orang yang jasmani, rohaninya kuat dan ulet
e. Nyiur dapat tumbuh diberbabagai jenis tanah , ini
mengandung arti pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi
apapun
f. Nyiur tumbuh menjulang tinggi ini mengandung arti
setiap pramuka memiliki cita-cita yang tinggi
g. Akar nyiur kuat, ini mengandung arti pramuka berpegang
pada dasar-dasar yang kuat
h. Nyiur pohon yang serbaguna, ini mengandung arti
pramuka berguna bagi nusa, bangsa dan agama.
B. Tujuan
1.
Dengan
memperkenalkan semapur, diharapkan siswa dapat mengirim dan menerima berita
dengan menggunakan dua bendera.
2.
Dengan
mempraktikan senam pramuka, diharapkan siswa dapat menghafal gerakan-gerakan
senam pramuka.
3.
Dengan
mempelajari lambang-lambang tunas kelapa, diharapkan siswa dapat mengetahui
arti-arti dari lambang tunas kelapa dalam pramuka.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Kakak-kakak
UNTIRTA mengajak semua siswa untuk masuk kelas
2.
Kakak-kakak
menyuruh satu orang anak memimpin doa
3.
Kakak-kakak
menjelaskan materi kali ini
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Kakak-kakak UNTIRTA menyuruh siswa untuk mengeluarkan alat tulis
2.
Kakak-kakak bertanya kepada siswa kenapa pramuka menggunakan lambang
tunas kelapa dan makna tunas kelapa
3.
Siswa menjawab pertanyaan tersebut dan kakak-kakak meluruskan serta
menambahkan jawaban dari siswa
4.
Kakak-kakak menuliskan dipapan tulis makna lambang pramuka dan kenapa
lambang pramuka menggunakan tunas kelapa
5.
Siswa diminta untuk menulis makna lambang pramuka
6.
Istirahat
7.
Siswa diminta untuk kumpul dilapangan
8.
Setelah siswa berkumpul dilapangan dan membuat barisan dengan rapi, siswa
diminta untuk mengeluarkan semapur
9.
Kakak-kakak UNTIRTA bertanya pada siswa, siapa yang sudah bisa
menggunakan bendera semapur
10.
Siswa diminta untuk menjawab
11.
Salah satu siswa mencontohkan semapur
12.
Kakak-kakak UNTIRTA meluruskan serta mencontohkan cara menggunakan
bendera semapur
13.
Kakak-kakak UNTIRTA menjelaskan fungsi semapur
|
105 menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Kakak-kakak UNTIRTA dan siswa bernyanyi bersama
2.
Kakak-kakak UNTIRTA meminta siswa untuk baris yang rapi
3.
Kakak-kakak UNTIRTA meminta salah satu anak untuk berdoa
4.
Kakak-kakak UNTIRTA memberi pesan-pesan
|
15 menit
|
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku panduan
pramuka
2.
SKU
3.
Bendera semapur
4.
Alat tulis
5.
Papan tulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN SAGA II
Kelas : 4,
5, dan 6
Hari/Tanggal : Sabtu, 29
November 2014
Alokasi waktu :
14.00 WIB - 16.15 WIB
A. Materi
1.
Simpul
(mati, pangkal, jangkar dan hidup)
a.
Simpul hidup gunanya untuk mengikat tiang
dan mudah di lepaskan kembali.
b.
Simpul mati gunanya untuk menyambung 2
utas tali yang sama besar dan tidak licin.
c.
Simpul pangkal adalah simpul yang paling
penting dalam mengikat maupun jika kita ingin membuat sebuah profil bangunan.
d.
Simpul jangkar gunanya untuk mengikat
jangkar atau benda lainnya yang berbentuk ring, akan tetapi mudah untuk
melepaskannya kembali.
2.
Tepuk-tepuk
(oreo, semangat, salut, dan nusantara)
a.
Semangat
(untuk memberikan semangat pada anak-anak).
b.
Salut (untuk memberikan apresiasi serta memotivasi
agar siswa berani untuk tampil kedepan).
c.
Oreo
(untuk menarik hiburan kepada siswa).
d.
Nusantara
(untuk mengenalkan nama-nama daerah yang ada di indonesia).
3.
Lagu-lagu
(“1, 2, 3 dan 4 ”, “ mahameru ”, “senang
hati”)
a.
1,
2, 3, dan 4 (untuk mengenal lebih dalam dasa darma dalam sebuah lagu) .
b.
Mahameru
(untuk mengenal keindahan gunung mahameru).
c.
Senang
hati ( untuk memberikan semangat kepada siswa-siswinya)
4.
Dasa
Darma pramuka
B. Tujuan
1.
Dengan
memperaktikan beberapa simpul, diharapkan siswa mampu membuat simpul pangkal,
jangkar dan hidup.
2.
Dengan
memperkenalkan dan mempraktikan tepuk-tepuk, diharapkan siswa dapat lebih
semangat dalam mengikuti latihan pramuka.
3.
Dengan
memperkenalkan dan mempraktikan nyanyian, siswa dapat lebih semangat dan
mengenal pramuka lebih dalam melalui lagu lagu yang diberikan kakak-kakak
UNTIRTA.
4.
Dengan
mengenal dasa darma, diharapkan siswa dapat mengaplikasikan dasa darma dalam
kehidupan sehari-hari.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Kakak-kakak UNTIRTA mengumpulkan siswa ke lapangan serta meminta
siswa untuk membuat barisan
2.
Siswa diminta merapikan barisannya
3.
Kakak-kakak UNTIRTA meminta satu siswa untuk memimpin untuk berdoa
4.
Kakak-kakak menyanyi dan tepuk-tepuk bersama siswa
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa
diminta untuk membentuk kelompok untuk bermain permainan
2.
Kakak-kakak
menjelaskan permainan yang akan dimainkan
3.
Siswa
memainkan permainannya
4.
Siswa diajak kedalam kelas untuk menerima materi dari kakak-kakak.
5.
Siswa diminta untuk membuat dua kelompok
6.
Siswa diajak menyanyikan yel yel dan lagu-lagu yang diberikan kakak-kakak
UNTIRTA
7.
Siswa diajak bermain untuk mengenal simpul
8.
Kakak-kakak menyuruh sebagian siswa untuk membuat simpul-simpul (simpul
mati, hidup, pangkal serta jangkar)
9.
Kakak-kakak memilih secara acak
siswa-siswi untuk menyebutkan dasa darma
10.
Siswa diajak untuk menyanyikan lagu “mahameru”
11.
Setelah semua siswa dapat menyanyikan lagu tersebut, kakak-kakak UNTIRTA
meminta siswa secara individu/berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut
|
105 menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Kakak-kakak meminta siswa membaca surat-surat pendek
2.
Kakak-kakak meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3.
Kakak-kakak memberikan pesan-pesan
|
15 menit
|
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku panduan pramuka
2.
SKU
3.
Tali
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN SAGA II
Kelas :
5 dan 6
Hari/Tanggal : Sabtu, 06 Desember
2014
Alokasi waktu : 14.00 WIB - 16.00 WIB
A. Materi
1.
PBB
(jalan ditempat, hadap kanan- kiri, serong kanan-kiri, istirahat ditempat).
2.
Senam
pinguin.
3.
Morse
(E. S. I).
4.
Pengucapan
terimakasih (kamsyah, arigatho, thanks you, aturnuhun, terima kasih).
B. Tujuan
1.
Dengan
mencontohkan gerakan PBB, diharapkan siswa mampu mengikuti gerakannya.
2.
Dengan
mengulang gerakan PBB, diharapkan siswa tidak lupa dengan gerakan-gerakan yang diajarkan.
3.
Dengan
mempraktikan senam pinguin, diharapkan siswa dapat menghafal gerakan-gerakan
senam pinguin.
4.
Dengan
memberikan contoh morse siswa-siswi bisa mempraktikannya
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Siswa
diminta untuk memasuki kelas untuk pemberian materi
2.
Salah satu
siswa diminta untuk memimpin doa
3.
Kakak-kakak
UNTIRTA menanyakan kabar siswa
4.
Siswa
diminta untuk menyanyikan yel-yel serta tepuk-tepuk yang telah diajarkan
5.
Kakak-kakak
UNTIRTA memberitahukan materi yang akan diajarkan
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Kakak-kakak
UNTIRTA memberikan materi seputar PBB
2.
Setelah
diberikan materi, siswa diminta untuk ke lapangan dan membuat barisan
berdasarkan regu
3.
Kakak-kakak
untirta mengajarkan PBB dasar
4.
Siswa diminta
untuk melakukan gerakan PBB dasar
5.
Satu-satu
persatu siswa di test oleh kakak-kakak UNTIRTA seputar gerakan FBB dasar
6.
Siswa diajarkan
senam pinguin
7.
Siswa
diminta melakukan gerakan senam pinguin bersama kakak
8.
Istrahat
9.
Siswa
diminta ke kelas untuk diberikan materi morse
10.
Siswa
diminta mengeluarkan alat tulisnya untuk mencatat materi yang diberikan oleh
kakak-kakak UNTIRTA
11.
Kakak-kakak
untirta mencontohkan sandi morse dengan pluit
12.
Siswa diminta
mempraktikan sandi morse dengan pluit
|
105 menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa diminta untuk membereskan alat tulisnya
2.
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa
3.
Kakak-kakak UNTIRTA mengucapkan salam perpisahan
4.
Siswa diajak berfoto bersama.
|
15 menit
|
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku panduan pramuka
2.
SKU
3.
Pluit
4.
Alat pengeras suara
5.
Lagu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar