Minggu, 14 Juni 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SDN SAGA II
Kelas                           :  4, 5 dan 6
Hari/Tanggal               :  Sabtu, 15 November 2014
Alokasi waktu             :  14.00 WIB - 16.15 WIB

A.  Materi
1.        Perkenalan
2.        Tepuk-tepuk (pompa, jas-jus, salut)
a.    Pompa (untuk memberikan hiburan)
b.    Salut (untuk memberikan apresiasi serta memotivasi agar siswa berani untuk tampil kedepan)
c.    Jas-jus (untuk memberikan hiburan)
3.        Games (sedotan dan air)
a.    Untuk melatih kekompakan dan kerjasama
4.        Nyanyian Himne Pramuka
a.    Memperkenalkan himne pramuka kepada siswa

B.  Tujuan
1.   Dengan memperkenalkan diri, diharapkan terjalin keakraban antara siswa dan kakak-kakak UNTIRTA.
2.        Dengan tepuk-tepuk, siswa mampu bersemangat dalam mengikuti kegiatan pramuka.
3.        Dengan games, diharapkan anak-anak mampu melatih kerjasama dan kekompakan bersama regu.
4.        Dengan bernyanyi himne pramuka siswa mampu mengahapal lagu-lagu pramuka.

C.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Pembukaan dari pembina pramuka di SD NEGERI SAGA II serta membaca doa bersama-sama
2.      Perkenalan diri kakak-kakak
3.      Mengajak siswa-siswi bernyanyi bersama untuk pendekatan lebih dalam dengan kakak-kakak dari UNTIRTA
4.      Mengajak siswa-siswi untuk tepuk-tepuk sekaligus mengajarkan tepuk-tepuknya
5.      Mengajak siswa untuk membentuk kelompok untuk bermain permainan

   
30 menit
Kegiatan
Inti
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa regu/kelompok
2.      Kakak-kakak UNTIRTA menyiapkan alat untuk permainan
3.      Kakak-kakak UNTIRTA menjelaskan aturan permainan
4.      Siswa bersiap untuk memulai permainan
5.      Kakak-kakak UNTIRTA bertugas sebagai juri
6.      Siswa melakukan permainan sedotan
7.      Kakak-kakak UNTIRTA menentukan pemenang permainan sedotan
8.      Siswa bersiap melakukan permainan selanjutnya yaitu lomba mamasukan air ke dalam botol dengan aqua
9.      Siswa berbaris sesuai kelompok
10.  Siswa melakukan permainan
11.  Kakak-kakak UNTIRTA menentukan pemenang
12.  Kakak-kakak UNTIRTA mengumumkan pemenang
13.  Kakak-kakak UNTIRTA memberikan hadiah kepada kelompok yang menang
14.  Kakak-kakak UNTIRTA menyuruh siswa untuk membuat lingkaran besar
15.  Kakak-kakak UNTIRTA menjelaskan manfaat permainan tadi
90 menit


Kegiatan
Penutup
1.      Kakak-kakak UNTIRTA meminta siswa untuk berbaris yang rapi
2.      Kakak-kakak UNTIRTA meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3.      Kakak-kakak UNTIRTA memberikan pesan-pesan.
15 menit

D.  SUMBER DAN  MEDIA
1.        Buku panduan pramuka
2.        SKU
3.        Sedotan
4.        Air
5.        Aqua gelas
6.        Alat tulis







 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SDN SAGA II
Kelas                           :  4, 5 dan 6
Hari/Tanggal               :  Sabtu, 22 November 2014 
Alokasi waktu             :  14.00 WIB - 16.15 WIB

A.  Materi
1.        Semapur
Semapur adalah salah suatu cara untuk  mengirim dan menerima berita dengan menggunakan dua bendera dimana masing-masing bendera tersebut berukuran 45cm x 45 cm sedangkan warna yang sering dipergunakan adalah merah dan kuning dengan warna merah selalu berada dekat tangkainya.
2.        Senam pramuka
3.         Arti lambang tunas kelapa (lambang pramuka)
a.       Tunas kelapa bisa tumbuh dimana saja
b.      Semua bagian dari pohon kelapa bisa digunakan
c.       Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, ini mengandung arti pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa)
d.      Buah nyiur tahan lama ini mengandung arti, pramuka adalah orang yang jasmani, rohaninya kuat dan ulet
e.       Nyiur dapat tumbuh diberbabagai jenis tanah , ini mengandung arti pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun
f.       Nyiur tumbuh menjulang tinggi ini mengandung arti setiap pramuka memiliki cita-cita yang tinggi
g.      Akar nyiur kuat, ini mengandung arti pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat
h.      Nyiur pohon yang serbaguna, ini mengandung arti pramuka berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

B.  Tujuan
1.        Dengan memperkenalkan semapur, diharapkan siswa dapat mengirim dan menerima berita dengan menggunakan dua bendera.
2.        Dengan mempraktikan senam pramuka, diharapkan siswa dapat menghafal gerakan-gerakan senam pramuka.
3.        Dengan mempelajari lambang-lambang tunas kelapa, diharapkan siswa dapat mengetahui arti-arti dari lambang tunas kelapa dalam pramuka.

C.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Kakak-kakak UNTIRTA mengajak semua siswa untuk masuk kelas
2.      Kakak-kakak menyuruh satu orang anak memimpin doa
3.      Kakak-kakak menjelaskan materi kali ini

15 menit
Kegiatan
Inti
1.      Kakak-kakak UNTIRTA menyuruh siswa untuk mengeluarkan alat tulis
2.      Kakak-kakak bertanya kepada siswa kenapa pramuka menggunakan lambang tunas kelapa dan makna tunas kelapa
3.      Siswa menjawab pertanyaan tersebut dan kakak-kakak meluruskan serta menambahkan jawaban dari siswa
4.      Kakak-kakak menuliskan dipapan tulis makna lambang pramuka dan kenapa lambang pramuka menggunakan tunas kelapa
5.      Siswa diminta untuk menulis makna lambang pramuka
6.      Istirahat
7.      Siswa diminta untuk kumpul dilapangan
8.      Setelah siswa berkumpul dilapangan dan membuat barisan dengan rapi, siswa diminta untuk mengeluarkan semapur
9.      Kakak-kakak UNTIRTA bertanya pada siswa, siapa yang sudah bisa menggunakan bendera semapur
10.  Siswa diminta untuk menjawab
11.  Salah satu siswa mencontohkan semapur
12.  Kakak-kakak UNTIRTA meluruskan serta mencontohkan cara menggunakan bendera semapur
13.  Kakak-kakak UNTIRTA menjelaskan fungsi semapur

105 menit


Kegiatan
Penutup
1.      Kakak-kakak UNTIRTA dan siswa bernyanyi bersama
2.      Kakak-kakak UNTIRTA meminta siswa untuk baris yang rapi
3.      Kakak-kakak UNTIRTA meminta salah satu anak untuk berdoa
4.      Kakak-kakak UNTIRTA memberi pesan-pesan

15 menit

D.  SUMBER DAN  MEDIA
1.        Buku panduan pramuka
2.        SKU
3.        Bendera semapur
4.        Alat tulis
5.        Papan tulis



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SDN SAGA II
Kelas                           : 4, 5, dan 6
Hari/Tanggal               : Sabtu, 29 November  2014
Alokasi waktu             :  14.00 WIB - 16.15 WIB

A.  Materi
1.        Simpul (mati, pangkal, jangkar dan hidup)
a.         Simpul hidup gunanya untuk mengikat tiang dan mudah di lepaskan kembali.
b.         Simpul mati gunanya untuk menyambung 2 utas tali yang sama besar dan tidak licin.
c.         Simpul pangkal adalah simpul yang paling penting dalam mengikat maupun jika kita ingin membuat sebuah profil bangunan.
d.        Simpul jangkar gunanya untuk mengikat jangkar atau benda lainnya yang berbentuk ring, akan tetapi mudah untuk melepaskannya kembali.
2.        Tepuk-tepuk (oreo, semangat, salut, dan nusantara)
a.         Semangat (untuk memberikan semangat pada anak-anak).
b.         Salut  (untuk memberikan apresiasi serta memotivasi agar siswa berani untuk tampil kedepan).
c.         Oreo (untuk menarik hiburan kepada siswa).
d.        Nusantara (untuk mengenalkan nama-nama daerah yang ada di indonesia).
3.        Lagu-lagu (“1, 2, 3 dan 4 ”, “ mahameru ”,  “senang hati”)
a.         1, 2, 3, dan 4 (untuk mengenal lebih dalam dasa darma dalam sebuah lagu) .
b.         Mahameru (untuk mengenal keindahan gunung mahameru).
c.         Senang hati ( untuk memberikan semangat kepada siswa-siswinya)
4.         Dasa Darma pramuka

B.  Tujuan
1.        Dengan memperaktikan beberapa simpul, diharapkan siswa mampu membuat simpul pangkal, jangkar dan hidup.
2.        Dengan memperkenalkan dan mempraktikan tepuk-tepuk, diharapkan siswa dapat lebih semangat dalam mengikuti latihan pramuka.
3.        Dengan memperkenalkan dan mempraktikan nyanyian, siswa dapat lebih semangat dan mengenal pramuka lebih dalam melalui lagu lagu yang diberikan kakak-kakak UNTIRTA.
4.        Dengan mengenal dasa darma, diharapkan siswa dapat mengaplikasikan dasa darma dalam kehidupan sehari-hari.

C.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Kakak-kakak UNTIRTA mengumpulkan siswa ke lapangan serta meminta siswa untuk membuat barisan
2.      Siswa diminta merapikan barisannya
3.      Kakak-kakak UNTIRTA meminta satu siswa untuk memimpin untuk berdoa
4.      Kakak-kakak menyanyi dan tepuk-tepuk bersama siswa

   
15 menit
Kegiatan
Inti
1.       Siswa diminta untuk membentuk kelompok untuk bermain permainan
2.       Kakak-kakak menjelaskan permainan yang akan dimainkan
3.       Siswa memainkan permainannya
4.       Siswa diajak kedalam kelas untuk menerima materi dari kakak-kakak.
5.       Siswa diminta untuk membuat dua kelompok
6.       Siswa diajak menyanyikan yel yel dan lagu-lagu yang diberikan kakak-kakak UNTIRTA
7.       Siswa diajak bermain untuk mengenal simpul
8.       Kakak-kakak menyuruh sebagian siswa untuk membuat simpul-simpul (simpul mati, hidup, pangkal serta jangkar)
9.       Kakak-kakak memilih  secara acak siswa-siswi untuk menyebutkan dasa darma
10.   Siswa diajak untuk menyanyikan lagu “mahameru”
11.   Setelah semua siswa dapat menyanyikan lagu tersebut, kakak-kakak UNTIRTA meminta siswa secara individu/berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut

105 menit


Kegiatan
Penutup
1.      Kakak-kakak meminta siswa membaca surat-surat pendek
2.      Kakak-kakak meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3.      Kakak-kakak memberikan pesan-pesan
15 menit

D.  SUMBER DAN  MEDIA
1.        Buku panduan pramuka
2.        SKU
3.        Tali









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SDN SAGA II
Kelas                           : 5 dan 6
Hari/Tanggal               : Sabtu, 06 Desember  2014
Alokasi waktu             :  14.00 WIB - 16.00 WIB

A.  Materi
1.        PBB (jalan ditempat, hadap kanan- kiri, serong kanan-kiri, istirahat ditempat).
2.        Senam pinguin.
3.        Morse (E. S. I).
4.        Pengucapan terimakasih (kamsyah, arigatho, thanks you, aturnuhun, terima kasih).

B.  Tujuan
1.        Dengan mencontohkan gerakan PBB, diharapkan siswa mampu mengikuti gerakannya.
2.        Dengan mengulang gerakan PBB, diharapkan siswa tidak lupa dengan gerakan-gerakan  yang diajarkan.
3.        Dengan mempraktikan senam pinguin, diharapkan siswa dapat menghafal gerakan-gerakan senam pinguin.
4.        Dengan memberikan contoh morse siswa-siswi bisa mempraktikannya

C.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.       Siswa diminta untuk memasuki kelas untuk pemberian materi
2.       Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa
3.       Kakak-kakak UNTIRTA menanyakan kabar siswa
4.       Siswa diminta untuk menyanyikan yel-yel serta tepuk-tepuk yang telah diajarkan
5.       Kakak-kakak UNTIRTA memberitahukan materi yang akan diajarkan

   
15 menit
Kegiatan
Inti
1.      Kakak-kakak UNTIRTA memberikan materi seputar PBB
2.      Setelah diberikan materi, siswa diminta untuk ke lapangan dan membuat barisan berdasarkan regu
3.      Kakak-kakak untirta mengajarkan PBB dasar
4.      Siswa diminta untuk melakukan gerakan PBB dasar
5.      Satu-satu persatu siswa di test oleh kakak-kakak UNTIRTA seputar gerakan FBB dasar
6.      Siswa diajarkan senam pinguin
7.      Siswa diminta melakukan gerakan senam pinguin bersama kakak
8.      Istrahat
9.      Siswa diminta ke kelas untuk diberikan materi morse
10.  Siswa diminta mengeluarkan alat tulisnya untuk mencatat materi yang diberikan oleh kakak-kakak UNTIRTA
11.  Kakak-kakak untirta mencontohkan sandi morse dengan pluit
12.  Siswa diminta mempraktikan sandi morse dengan pluit

105 menit


Kegiatan
Penutup
1.      Siswa diminta untuk membereskan alat tulisnya
2.      Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa
3.      Kakak-kakak UNTIRTA mengucapkan salam perpisahan
4.      Siswa diajak berfoto bersama.
15 menit

D.  SUMBER DAN  MEDIA
1.        Buku panduan pramuka
2.        SKU
3.        Pluit
4.        Alat pengeras suara
5.        Lagu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar