Need
for Dominance (Kebutuhan akan Dominan)
Kebutuhan
dominan adalah kebutuhan untuk lebih atau menang atas orang lain. Kebutuhan dominan
ini mengacu pada dorongan untuk membantah pendapat orang lain, ingin menjadi
pemimpin kelompok, mengambil keputusan dengan mengatas namakan kelompok,
menetapkan persetujuan secara sepihak, membujuk dan mempengaruhi orang lain
agar mau mengerjakan yang ia inginkan, mengawasi dan mengarahkan kegiatan yang
lain, dan mendiktekan apa yang dikerjakan orang lain.
Dorongan
akan kebutuhan dominan akan hadir dalam keinginan seseorang untuk mengendalikan
emosi dan perilaku orang lain. Orang dengan kebutuhan akan dominasi yang tinggi
cenderung mencari kesempatan untuk memimpin dan lebih menyukai mengendalikan
orang dan urusan lain (Murray 1993 dan Indarti 2006).
Lebih
lanjut Lee (1997) menjelaskan bahwa orang dengan kebutuhan akan dominasi yang
tinggi akan selalu menjaga atau berusaha mencapai kendali untuk mempengaruhi
orang lain sehingga sebagai akibatnya situasi hirarkis seperti yang ditemukan
dalam organisasi yang besar dan komplek akan cocok untuk orang seperti ini.
Penelitian dalam bidang ini menemukan bahwa orang yang menjadi pucuk pimpinan
dalam sebuah bisnis biasanya dimotivasi oleh kebutuhan akan dominasi yang
tinggi.
Kebutuhan akan dominasi mencakup ruang
lingkup antara lain:
1.
Peran aktif dalam kepemimpinan
kelompoknya
2.
Mencoba menghindari usaha yang mempengaruhi
orang lain agar melihat sesuatu sesuai dengan cara pandangnya
3.
Selalu mengatur dan mengarahkan
aktivitas orang lain
4.
Berusaha sungguh-sungguh untuk memegang
komando ketika bekerja dengan kelompoknya.
Kebutuhan
akan dominasi mempengaruhi kesuksesan entrepreneur wanita secara signifikan dan
positif. Hal ini berarti bahwa semakin terpenuhi kebutuhan akan dominasi
semakin tinggi tingkat kesuksesannya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar