Minggu, 14 Juni 2015

Need for Dominance (Kebutuhan akan Dominan)



Need for Dominance (Kebutuhan akan Dominan)

Kebutuhan dominan adalah kebutuhan untuk lebih atau menang atas orang lain. Kebutuhan dominan ini mengacu pada dorongan untuk membantah pendapat orang lain, ingin menjadi pemimpin kelompok, mengambil keputusan dengan mengatas namakan kelompok, menetapkan persetujuan secara sepihak, membujuk dan mempengaruhi orang lain agar mau mengerjakan yang ia inginkan, mengawasi dan mengarahkan kegiatan yang lain, dan mendiktekan apa yang dikerjakan orang lain.
Dorongan akan kebutuhan dominan akan hadir dalam keinginan seseorang untuk mengendalikan emosi dan perilaku orang lain. Orang dengan kebutuhan akan dominasi yang tinggi cenderung mencari kesempatan untuk memimpin dan lebih menyukai mengendalikan orang dan urusan lain (Murray 1993 dan Indarti 2006).
Lebih lanjut Lee (1997) menjelaskan bahwa orang dengan kebutuhan akan dominasi yang tinggi akan selalu menjaga atau berusaha mencapai kendali untuk mempengaruhi orang lain sehingga sebagai akibatnya situasi hirarkis seperti yang ditemukan dalam organisasi yang besar dan komplek akan cocok untuk orang seperti ini. Penelitian dalam bidang ini menemukan bahwa orang yang menjadi pucuk pimpinan dalam sebuah bisnis biasanya dimotivasi oleh kebutuhan akan dominasi yang tinggi.
Kebutuhan akan dominasi mencakup ruang lingkup antara lain:
1.                  Peran aktif dalam kepemimpinan kelompoknya
2.                  Mencoba menghindari usaha yang mempengaruhi orang lain agar melihat sesuatu sesuai dengan cara pandangnya
3.                  Selalu mengatur dan mengarahkan aktivitas orang lain
4.                  Berusaha sungguh-sungguh untuk memegang komando ketika bekerja dengan kelompoknya.
Kebutuhan akan dominasi mempengaruhi kesuksesan entrepreneur wanita secara signifikan dan positif. Hal ini berarti bahwa semakin terpenuhi kebutuhan akan dominasi semakin tinggi tingkat kesuksesannya.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar