Pemetaan Kompetensi Kelas V SD
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN
ALAM
|
|||||||
No.
SK
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
|||||
Lingkungan
|
Kegiatan
|
Peristiwa
|
Makhluk
Hidup
|
Pengalaman
|
Bangsa
dan Negara
|
||
1
|
1.1 Mengidentifikasi Fungsi organ pernapasan
pada manusia.
|
|
√
|
|
√
|
|
|
1.2 Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
1.3 Mengidentifikasi fungsi
organ percernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
1.4 Mengidentifikasi organ
peredaran darah manusia.
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
1.5 Mengidentifikasi gangguan
pada organ peredaran darah manusia
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
2
|
2.1 Mengidentifikasi cara
tumbuhan hijau membuat makanan.
|
|
√
|
|
√
|
|
|
2.2 Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
3
|
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian
diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian
diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
4
|
4.1 Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya,misalnya benang, kain,
dan kertas.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
4.2 Menyimpulkan
hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun
tetap.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
5
|
5.1 Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energy melalui percobaan (gaya gravitasi,
gaya gesek, gaya magnet).
|
√
|
√
|
|
|
|
|
5.2 Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
6
|
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
6.2 Membuat suatu karya/ model,
misalnya periskop atau lensa diri bahan sederhana dengan menerapkan
sifat-sifat cahaya.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
7
|
7.1 Mendeskripsikan proses
pembentukan tanah karena pelapukan.
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis
tanah.
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
7.3 Mendeskripsikan struktur
bumi.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
7.4 Mendeskripsikan proses daur
air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
7.5 Mendeskripsikan perlunya
penghematan air.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi
di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
|
7.7 Mengidentifikasi beberapa
kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb).
|
|
√
|
|
√
|
√
|
|
MATA
PELAJARAN : ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
|
|||||||
No.
SK
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
|||||
Lingkungan
|
Kegiatan
|
Peristiwa
|
Makhluk
Hidup
|
Pengalaman
|
Bangsa
dan Negara
|
||
1
|
1.1
Mengenal makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia.
|
|
|
√
|
|
|
|
1.2 Menceritakan
tokoh-tokoh bersejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
|
|
|
√
|
|
|
|
|
1.3 Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu
diIndonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
|
√
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
|
|
|
|
|
|
√
|
|
1.5 Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
2
|
2.1 Mendeskripsikan perjuangan
para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
|
|
√
|
|
|
|
|
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
|
|
|
|
|
|
√
|
|
2.3 Menghargai
jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan.
|
|
|
|
|
|
√
|
|
2.4 Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
|
|
|
|
|
|
√
|
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
|
|||||||
No.
SK
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
|||||
Lingkungan
|
Kegiatan
|
Peristiwa
|
Makhluk
Hidup
|
Pengalaman
|
Bangsa
dan Negara
|
||
1
|
1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
|
|
√
|
|
|
|
√
|
1.2 Menjelaskan
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
1.3 Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
2
|
2.1 Menjelaskan
pengertian dan pentingnya perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
2.2 Memberikan
contoh peraturan perundang-undangan
tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan
merokok.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
3
|
3.1 Mendeskripsikan
pengertian organisasi.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
3.2 Menyebutkan
contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
3.3 Menampilkan
peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
4
|
4.1 Mengenal
bentuk-bentuk keputusan bersama.
|
|
√
|
|
|
|
|
4.2 Mematuhi
keputusan bersama.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
|
|||||||
No.
SK
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
|||||
Lingkungan
|
Kegiatan
|
Peristiwa
|
Makhluk
Hidup
|
Pengalaman
|
Bangsa
dan Negara
|
||
1
|
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll)
dengan memperhatikan santun berbahasa.
|
|
√
|
|
|
|
|
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat
yang didengarnya.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
2
|
2.1 Menanggapi suatu
persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
3
|
3.1 Membaca teks percakapan dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
|
|
√
|
|
|
|
|
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan
75 kata per menit.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
3.3 Membaca puisi dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
4
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan
memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan ejaan.
|
|
√
|
|
|
√
|
|
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan
sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan
penggunaan ejaan.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta
perannya.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
5
|
5.1 Menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat).
|
|
√
|
|
|
|
|
|
6
|
6.1 Mengomentari persoalan
faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa.
|
|
√
|
|
|
|
|
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
7
|
7.1 Membandingkan
isi dua teks yang dibaca dengan
membaca sekilas.
|
|
√
|
|
|
|
|
7.2 Menemukan
informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon,
jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll) yang dilakukan
melalui membaca memindai.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
7.3 Menyimpulkan
isi cerita anak dalam beberapa kalimat.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
8
|
8.1 Meringkas
isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
|
|
√
|
|
|
|
|
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan
(catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan
ejaan.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
|
|
√
|
|
|
|
|
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
|
|||||||
No.
SK
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
|||||
Lingkungan
|
Kegiatan
|
Peristiwa
|
Makhluk
Hidup
|
Pengalaman
|
Bangsa
dan Negara
|
||
1
|
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan,
dan penaksiran.
|
|
√
|
|
|
|
|
1.2 Menggunakan
faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
1.3 Melakukan
operasi hitung campuran bilangan bulat.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
1.4 Menghitung
perpangkatan dan akar sederhana.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
1.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
2
|
2.1 Menuliskan
tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
2.2 Melakukan
operasi hitung satuan waktu.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
2.3 Melakukan
pengukuran sudut.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
2.4 Mengenal
satuan jarak dan kecepatan.
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
2.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
3
|
3.1 Menghitung
luas trapesium dan layang-layang
|
|
√
|
|
|
|
|
3.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
4
|
4.1 Menghitung
volume kubus dan balok.
|
|
√
|
|
|
|
|
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
5
|
5.1 Mengubah
pecahan ke bentuk persen dan decimal serta sebaliknya.
|
|
√
|
|
|
|
|
5.2 Menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
5.3 Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan .
|
|
√
|
|
|
|
|
|
5.4 Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan skala.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
6
|
6.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar.
|
|
√
|
|
|
|
|
6.2 Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun ruang.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
6.3 Menentukan
jarring-jaring berbagai bangun ruang sederhana.
|
|
√
|
|
|
|
|
|
6.4 Menyelidiki
sifat-sifat kesebangunan dan simetri.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
6.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana.
|
|
√
|
√
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar