Selasa, 20 Juli 2021

RPP DARING TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)

 

Sekolah                                   : SD Negeri XXXX 

Kelas/Semester                      : IV/I

Tema                                      : 1/Indahnya Kebersamaan

Sub Tema                               : 2/Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran ke                   : 1

Muatan Terpadu                   : Bahasa Indonesia, IPA

Hari / Tanggal                       : Rabu, 28 Juli 2021

 

A.      Kompetensi Dasar

IPS

3.2  Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

4.2  Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang

Bahasa Indonesia

3.1  Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

4.1  Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

IPA

3.6  Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi

 

B.       Tujuan Pembelajaran

1.    Setelah membaca, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

2.    Setelah membaca, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3.    Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.

4.   Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan sistematis.

5.      Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

6.    Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

C.      Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pembukaan

·    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa serta siswa mengisi daftar hadir online.

 

15 Menit

Inti

· Melalui Classroom guru mengirimkan  Video Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1.

https://www.youtube.com/watch?v=eZpiMhe-I3w

·      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  membaca teks yang berjudul “Bekerja Sama dalam Keberagaman”, kemudian siswa mengidentifikasi serta menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tersebut.

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  melakukan percobaan tentang perambatan bunyi, kemudian siswa  menjelaskan serta menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.

 

Kegiatan Penutup

Kerja sama dengan Orang tua :

·      Bersama dengan orang tuanya untuk membantu siswa  mengerjakan tugas yang diberikan.

 

15 Menit

 

D.      Penilaian Pembelajaran

·           Mengukur kemampuan pengetahuan. Hasil dikirimkan dalam bentuk foto melalui WA dan classroom.

 



 

 

  

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)

 

Sekolah                                   SD Negeri XXXX

Kelas/Semester                      : IV/I

Tema                                      : 1/Indahnya Kebersamaan

Sub Tema                               : 2/Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran ke                   : 2

Muatan Terpadu                   : PPKn, SBdP

Hari / Tanggal                       : Kamis, 29 Juli 2021

 

A.      Kompetensi Dasar

PPKn

3.4  Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4  Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.

4.3  Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.

 

B.       Tujuan Pembelajaran

1.        Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi teknik mengukur sudut dengan satuan baku busur derajat dengan benar.

2.         Setelah mengamati contoh, siswa mampu mengukur benda-benda dengan menggunakan busur dengan cermat.

3.    Setelah mengamati contoh, siswa mampu mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.

4.   Setelah mengamati contoh, siswa mampu mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan hitungan dengan tepat.

5.       Setelah membaca teks dan berdikusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

C.      Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pembukaan

·    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa serta siswa mengisi daftar hadir online.

 

15 Menit

Inti

· Melalui Classroom guru mengirimkan  Video Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2.

https://www.youtube.com/watch?v=js8C-J-Ox74

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  membaca teks yang berjudul “Tong Sampah Gotong Royong”, kemudian siswa  menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman.

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan hitungan dengan tepat.

 

Kegiatan Penutup

Kerja sama dengan Orang tua :

·      Bersama dengan orang tuanya untuk membantu siswa  mengerjakan tugas yang diberikan.

 

15 Menit

 

D.      Penilaian Pembelajaran

·      Mengukur kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa. Hasil dikirimkan dalam bentuk foto dan video melalui WA dan classroom.

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)

 

Sekolah                                   SD Negeri XXXX

Kelas/Semester                      : IV/I

Tema                                      : 1/Indahnya Kebersamaan

Sub Tema                               : 2/Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran ke                   : 3

Muatan Terpadu                   : Bahasa Indonesia, IPA

Hari / Tanggal                       : Jum’at, 30 Juli 2021

 

A.      Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.1  Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.2  Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.

4.1  Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

4.2  Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.

IPA

3.6  Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.

 

B.       Tujuan Pembelajaran

1.     Setelah mencoba permainan tradisional Bakiak, siswa mampu menjelaskan aturan main dan manfaat permainan tersebut untuk melatih keterampilan pola gerak dasar lokomotor dengan tepat.

2.        Dengan permainan tradisional Bakiak, siswa mampu mempraktikkan keterampilan variasi pola gerak dasar lokomotor dengan mandiri.

3.    Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan fungsi sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dengan lengkap.

4.      Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dan dengan sistematis.

5.      Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

6.         Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

C.      Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pembukaan

·    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa serta siswa mengisi daftar hadir online.

 

15 Menit

Inti

· Melalui Classroom guru mengirimkan  Video Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3.

https://www.youtube.com/watch?v=Xq9Q4T87TUc

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  melakukan percobaan tentang sifat bunyi, kemudian siswa  menjelaskan serta menyajikan laporan tentang sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dan dengan sistematis.

·   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca teks yang berjudul “Tong Sampah Gotong Royong”, kemudian  siswa mengindetifikasi serta menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

 

Kegiatan Penutup

Kerja sama dengan Orang tua :

·      Bersama dengan orang tuanya untuk membantu siswa  mengerjakan tugas yang diberikan.

 

15 Menit

 

D.      Penilaian Pembelajaran

·           Mengukur kemampuan pengetahuan. Hasil dikirimkan dalam bentuk foto melalui WA dan classroom.

 



 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)

 

Sekolah                                   SD Negeri XXXX

Kelas/Semester                      : IV/I

Tema                                      : 1/Indahnya Kebersamaan

Sub Tema                               : 2/Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran ke                   : 4

Muatan Terpadu                   : Bahasa Indonesia, PPKn

Hari / Tanggal                       : Selasa, 3 Agustus 2021

 

A.      Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.2  Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.

4.2  Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.

PPKn

3.4  Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4  Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

 

B.       Tujuan Pembelajaran

1.        Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.

2.     Setelah membaca teks siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.

4.     Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti, siskamling, gotong-royong, dll.).

5.         Setelah mengamati, siswa mampu menentukan banyak sudut pada bangun datar dengan benar.

6.         Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut pada bangun datar dengan benar.

C.      Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pembukaan

·  Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa serta siswa mengisi daftar hadir online.

 

15 Menit

Inti

· Melalui Classroom guru mengirimkan  Video Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4.

https://www.youtube.com/watch?v=oT3tPzFuI6I

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  membaca teks yang berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, kemudian siswa mengindentifikasi serta menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik.

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan contoh-contoh kerja sama dalam masyarakat.

 

Kegiatan Penutup

Kerja sama dengan Orang tua :

·      Bersama dengan orang tuanya untuk membantu siswa  mengerjakan tugas yang diberikan.

 

15 Menit

 

D.      Penilaian Pembelajaran

·           Mengukur kemampuan pengetahuan. Hasil dikirimkan dalam bentuk foto melalui WA dan classroom.

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)

 

Sekolah                                   SD Negeri XXXX

Kelas/Semester                      : IV/I

Tema                                      : 1/Indahnya Kebersamaan

Sub Tema                               : 2/Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran ke                   : 5

Muatan Terpadu                   : IPS, SBdP

Hari / Tanggal                       : Rabu, 4 Agustus 2021

 

A.      Kompetensi Dasar

IPS

3.2  Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

4.2  Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang

SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.

4.3  Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.

 

B.       Tujuan Pembelajaran

1.         Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru , siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.

2.     Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.

3.         Dengan mengamati dan mengukur sudut-sudut yang terdapat pada segi banyak pada tangram, siswa mampu membandingkan hasil penaksiran dan pengukuran dengan tepat.

4.         Dengan mengamati dan mengukur sudut-sudut yang terdapat pada segi banyak pada tangram, siswa mampu menyajikan hasil penaksiran dan pengukuran dengan tepat.

5.         Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

6.         Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan. 

C.      Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pembukaan

·    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa serta siswa mengisi daftar hadir online.

 

15 Menit

Inti

· Melalui Classroom guru mengirimkan  Video Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5.

https://www.youtube.com/watch?v=z0Y73Zhdn8Y

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.

·  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  membuat gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama, kemudian siswa menceritakan secara tertulis tentang perayaan hari besar yang pernah diliat di lingkungan tempat tinggalnya.

 

Kegiatan Penutup

Kerja sama dengan Orang tua :

·      Bersama dengan orang tuanya untuk membantu siswa  mengerjakan tugas yang diberikan.

 

15 Menit

 

D.      Penilaian Pembelajaran

·           Mengukur kemampuan pengetahuan dan keterampilan menggambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama. Hasil dikirimkan dalam bentuk foto melalui WA dan classroom.

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)

 

Sekolah                                   SD Negeri XXXX

Kelas/Semester                      : IV/I

Tema                                      : 1/Indahnya Kebersamaan

Sub Tema                               : 2/Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran ke                   : 6

Muatan Terpadu                   : PPKn, Bahasa Indonesia

Hari / Tanggal                       : Kamis, 5 Agustus 2021

 

A.      Kompetensi Dasar

PPKn

3.4  Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4  Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Bahasa Indonesia

3.1  Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

4.1  Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

 

B.       Tujuan Pembelajaran

1.         Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

2.         Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

3.         Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan bakiak dengan teknik yang benar.

4.      Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu Mempraktikkan variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan bakiak dengan teknik yang benar.

5.  Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang untuk membuat ringkasan secara terstruktur.

6.     Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu meringkas teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung secara terstruktur.

C.      Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pembukaan

·    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa serta siswa mengisi daftar hadir online.

 

15 Menit

Inti

· Melalui Classroom guru mengirimkan  Video Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6.

https://www.youtube.com/watch?v=CLGIP2GmfGg

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk   membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, kemudian siswa menjelaskan serta menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, kemudian siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk membuat ringkasan.

 

Kegiatan Penutup

Kerja sama dengan Orang tua :

·      Bersama dengan orang tuanya untuk membantu siswa  mengerjakan tugas yang diberikan.

 

15 Menit

 

D.      Penilaian Pembelajaran

·           Mengukur kemampuan pengetahuan. Hasil dikirimkan dalam bentuk foto melalui WA dan classroom.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar